Senin, 25 April 2016

Contoh Silabus

Contoh soal dan Silabus

a.       Mata kuliah Filsafat Ilmu

SEKOLAH TINGGI TEOLOGIA IKSM SANTOSA ASIH
PROGRAM MAGISTER PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN
SILABUS
Program Studi                           : Pendidikan Agama Kristen
Kode Mata Kuliah                      : -                                                     
Mata Kuliah                               : Filsafat Ilmu
Bobot                                        : 2 SKS
Semester                                  : I
Dosen                                       : Dr. Yonas Muanley, M.Th.
Standar Kompetensi                  : Mampu menerapkan filsafat ilmu dalam kegiatan ilmiah dalam bidang Teologi dan Pendidika Agama Kristen
Mata Kuliah Prasyarat                : 1. Filsafat Umum
  2. Filsafat Pendidikan


Deskripsi MK:
Deskripsi Mata Kuliah
Filsafat ilmu bertujuan memberikan pengetahuan tentang paradigma keilmuan yang bersifat operasional dalam membentuk:
  1. Dosen/pendidik yang mampu mengajar secara efektif dalam bidang keilmuan, sebab tanpa mengetahui secara mendalam mengenai hakikat dan fungsi keilmuan, maka hal itu tak mungkin dapat dilakukan dengan benar.
  2. Dosen yang mampu memberikan bimbingan terhadap mahasiswa yang sedang menyusun skripsi (logika berpikir dalam karya ilmiah)
  3. Dosen yang mampu melakukan kegiatan penelitian dan pengabdian pada masayarakat sesuai Tri Dharma Perguruan Tinggi.
  4. Dosen yang bersikap dan berperilaku sesuai dengan etika keilmuan. Dalam konteks demikian maka focus penyajian mata kuliah ini meliputi pembahasan tentang ontology, epistemology, dan aksiologi ilmu dan perkembangan pengetahuan ilmiah.
Dengan kata lain, mata kuliah ini bertujuan memberikan pengetahuan tentang paradigma keilmuan yang bersifat operasional. Dalam rangka tujuan ini maka pembahasan mata kuliah ini mencakup ontology, epistemology, dan aksiologi ilmu serta perkembangan ilmu pengetahuan ilmiah.
Pembahasan tentang ontology ilmu difokuskan pada unsure realitas empiric, seperti data, fakta dan informasi serta kedudukannya dalam kegiatan ilmiah.
Pembahasan tentang epistemology ilmu difokuskan pada pengkajian metode ilmiah dan operasionalisasinya dalam  metode penelitian.
Pembahasan tentang aksiologi ilmu difokuskan pada nilai-nilai yang terkait dengan kegiatan keilmuan baik secara internal, eksternal, maupun sosial, termasuk di dalamnya etika dan estetika.
Pembahasan materi perkuliahan filsafat ilmu dikaitkan dengan materi yang diberikan dalam perkuliahan Metodologi Penelitian dan Tehnik Analisa Data.


Kompetensi Dasar
(KD)
Indikator
Pengalaman Belajar
Materi Pokok
Alokasi Waktu
(menit)
Sumber/Bahan/
Alat
Penilaian
KD 1:
Menjelaskan pengertian Filsafat Ilmu
1.    Merumuskan pengertian filsafat Ilmu
Mahasiswa membaca buku-buku wajib untuk dan Kompilasi Materi Kuliah atau sumber-sumber lain yang relevan dengan pengertian Filsafat Ilmu
Pengertian Filsafat Ilmu
150 menit
Kompilasi Materi Kuliah
Media: LCD

KD 2:
Menilai dan menerapkan Ontologi ilmu dalam PAK


Mahasiswa membaca buku-buku wajib untuk dan Kompilasi Materi Kuliah atau sumber-sumber lain yang relevan dengan Aksiologi Ilmu
Aksiologi Ilmu Teologi dan Pendidikan
150 menit
Kompilasi Materi Kuliah

KD 3:
Menilai dan menerapkan epistemology Ilmu dalam PAK 


Mahasiswa membaca buku-buku wajib untuk atau sumber-sumber lain yang berhubungan dengan epistemology Ilmu
Epistemology Ilmu Teologi dan Pendidikan
150 menit
Kompilasi Materi Kuliah


KD 4:
Menilai dan menerapkan Aksiologi Ilmu dalam PAK


Mahasiswa membaca buku-buku wajib untuk dan Kompilasi Materi Kuliah atau sumber-sumber lain yang berhubungan dengan ontology ilmu
Ontologi Ilmu Teologi dan Pendidikan
150 menit
Kompilasi Materi Kuliah

KD 5:
Menganalisis hubungan filsafat ilmu dengan metodologi dan analisis data

Mahasiswa membaca buku-buku wajib untuk dan Kompilasi Materi Kuliah
Hubungan Filsafat Ilmu dengan Metodologi Penelitian dan Analisis Data
150 menit
Kompilasi Materi Kuliah



A.      Penilaian

1.       Kehadiran                …………………………….           : 10%
2.       Ujian Tengah Semester                    ……….            : 20 %
3.       Ujian Akhir Semester                                               : 20 %
4.       Presentasi ……………………………………    : 20 % (Power Point)
5.       Pre dan Post Paper………………………..      : 30 %
100 %
Tgl. Presentasi: 2 dan 9 Presentasi Mahasiswa:
Batas penyerahan akan ditentukan kemudian: ………………………

Metodologi Pembelajaran:
1.       Ceramah
2.       Tanya Jawab
3.       Kolokium
4.       Presentasi

PUSTAKA:

Harry Hamersma. 1981. Pintu Masuk ke Dunia Filsafat. Yogyakarta : Kanisius.
I.R. Poedjawijatna. 2004. Tahu dan Pengetahuan Pengantar ke Ilmu dan Filsafat. Jakarta : Rineka Cipta
Andi Hakim Nasution. 1999. Filsafat Ilmu Sebuah Pengantar Populer. Jakarta : Sinar Harapan.
Redja Mudyahardjo. 2006. Filsafat Ilmu Pendidikan Suatu Pengantar. Bandung : Rosdakarya
Jasa Ungguh Muliawan. 2008. Epistemologi Pendidikan. Yogyakarta : Gadjah Mada University Press.
Jonar Situmorang. 2004. Filsafat dalam Terang Iman Kristen. Yogyakarta : Andi Offset.
A. Hanafi. 1983. Filsafat Skolastik. Jakarta : Pustaka Alhusna. (lihat bahasan ttg epistemology Philo)
Paulus Wahana. 1993. Filsafat Pancasila. Yogyakarta : Kanisius
Yonas Muanley. 2007. Filsafat Pendidikan Pada Pendidikan Agama Kristen (Filsafat Pendidikan Agama Kristen). Jakarta: Program Pascasarjan Pendidikan Agama Kristen Sekolah Tinggi Theologia Injili Arastamar.
Yonas Muanley. 2008. Teori Kebenaran, Bahan Presentasi Program D.Th. STTBI Semarang.
Yonas Muanley. 2007. Pandanganku Tentang Filsafat Pendidikan (Implementasi Berbagai Aliran Filsafat Pendidikan yang Relevan dalam Pendidikan Agama Kristen. Post Paper Program Pascasarja (D.Th.PAK) STT Baptis Indonesia, Semarang.
Yonas Muanley. 2009. Bahan Ajar Filsafat Pendidikan di Sekolah Tinggi Theologia Injili Arastamar.
Yonas Muanley. 2008. Kurikulum dalam Alkitab dan Alkitab dalam Kurikulum (lihat filosofis-teologis) hubungan Atena dan Yerusalem/hubungan logi orang non Kristen dan Kristen dalam logos yang berbuah.


Soal Filsafat Ilmu:
1.       Jelaskan pengertian filsafat Ilmu
2.       Jelaskan pemahaman saudara tentang Ontologi Pendidikan Agama Kristen
3.       Jelaskan epistemology Ilmu dalam PAK 
4.       Jelaskan aksiologi dalam Pendidikan Agama Kristen
5.       Berikan analisis anda apa hubungan filsafat ilmu dengan metodologi dan analisis data?

b.    Mata Kuliah Metodologi Pendidikan Agama Kristen

Silabus
Mata Kuliah       : Metodologi Pendidikan Agama Kristen
Bobot                : 3 sks
PT                    : Magister PAK Sekolah Tinggi Teologi  IKSM Santosa Asih
Prodi                 : Pendidikan Agama Kristen
Dosen               : Yonas Muanley, M.Th., D.Th.
Prasyarat          : Teori-teori PAK, Filsafat Ilmu, Metodologi Penelitian

Standar Kompetensi (Tujuan Mata Kuliah)

Mahasiswa mampu menerapkan metodologi pengajaran (desain pembelajaran PAK), dan metodologi penelitian ilmiah dalam pendidikan Agama Kristen, khususnya menemukan variabel-variabel penelitian ilmiah Pendidikan Agama Kristen atau mampu mendisain PAK dan meneliti variabel-variabel PAK (darma ke-2 dari tridarma PT)

Deskripsi

Melalui mata kuliah ini mahasiswa program pascasarjana STT IKSM menggumuli beberapa substansi kajian mata kuliah metodologi pendidikan Agama Kristen, yaitu pengertian metodologi pendidikan agama Kristen yang membahas tentang esensi PAK;  metodologi pengajaran yang meliputi berbagai disain pembelajaran PAK yang meliputi aspek:  model, strategi, ragam mengajar, metode-metode PAK dan pengembangan instruksional PAK. Serta metodologi penelitian ilmiah dalam pendidikan Agama Kristen yang membahas variabel-variabel penelitian dalam Pendidikan Agama Kristen


No/Tgl
Kompetensi Dasar/Pokok Bahasan
Metode
Bahan Bacaan

25/3 2011
Pukul: 17.00 – 19.00






19.00 -21.00

Penjelasan silabus
Kontrak Pembelajaran

Pengertian Metodologi PAK
Ø  Arti metodologi secara umum
Ø  Arti metodologi secara khusus (metodologi PAK)


Ø  Arti Pendidikan Agama Kristen

Ø  Arti metodologi PAK

Arti dari segi metodologi pengajaran dan metodologi penelitian
Metodologi Pengajaran PAK
Ø  Isi PAK



Kuliah/ceramah
Curah pendapat
Diskusi
Kerja Proyek



Fo’arota Telaumbanua, hlm. 3

Iris V. Cully, hlm. 87-145
E.G.Homrighausen dan I.H.Enklaar, hlm.19 – 23
Iris V. Cully, hlm. 87-105
Yonas Muanley, Kompilasi Materi Kuliah Metodologi Penelitian di STTIA, 2008. hlm. 2-3
1/4 2011
17.00 – 19.00
Metodologi Pengajaran PAK
Ø  Isi PAK
Ø  Metode PAK (ardi)
Ø  Mengajar adalah mendidik
(pak gindo)
Ø  Konsep Dasar Pengembangan Kurikulum
Ø  Perencanaan Pengajaran
(Ibu Yeti)
Ø  Disain Pembelajaran Berbasis Kompetensi (Ibu Rina)
Ø  Strategi pembelajaran
Ø  Metode-metode pengajaran (Teori Umum) : ibu Katji
Ø  Pengembangan tujuan Instruksional/disain instruksional
Ø  Sumber bagi perumusan tujuan instruksional/model pemilihan tujuan
Ø  Konstruktivisme dalam Pembelajaran
Ø  Rekonstruksi Mata Kuliah
Ø  Analisis Kompetensi
(Roni Waruwu)
Ø  Penyusunan Silabi
(Ibu Katania)
Ø  Penyusunan RPP
(Ibu Evalita)
Ø  Ragam Media dalam Pembelajaran (ibu Donna)
Ø  Manajemen Mutu Terpadu
(Bp. Batieli)
Ø  Kontrak Perkuliahan
Ø  Penulisan Bahan Ajar
(Bp. Doanto)
Ø  Etika dan Moral dalam Pembelajaran (Bp. Edi)
Kuliah/ceramah
Curah pendapat
Diskusi
Kerja Proyek

W. Gulo, Strategi Belajar Mengajar, hlm. 52-70
J. Drost, SJ. Dari KBK sampai MBS (Manajemen Berbasis Sekolah), hlm. 53-58
Yonas Muanley, Kurikulum di dalam Alkitab dan Alkitab di dalam Kurikulum

Andar Ismael, Ajarlah Mereka

Abdul Majid, Perencanaan Pembelajaran, hlm. 24 -33
Materi Suplemen Pelatihan Applied Approach, hlm. 1-170
Yonas Muanley, Laporan Hasil Pelatihan Program Applied Approach Kegiatan Tatap Muka dan Mandiri Yayasan Sarana Martani Juni 2008
Departemen Pendidikan Nasional Universitas Sebelas Maret Lembaga Pengembangan Pendidikan, 2008
Hlm. 1-85
W.James Popham dan Eva L. Baker, hlm. 43-55
H. Suprijanto, Pendidikan Orang Dewasa, hlm.72-158
W.James Popham dan Eva L. Baker, Tehnik Mengajar secara Sistematis, hlm. 17-39

Metodologi Penelitian Ilmiah dalam PAK
Ø  Penelitian Ilmiah:
Ø  Pendekatan rasional
Ø  Pendekatan Empiris
Ø  Tugas Akhir kesarjanaan dan perbedaannya
Ø  Metode Ilmiah (Bp. Frengki)
Ø  Masalah Penelitian dan penetapan variabel penelitian (Bp. Samuel)

Ø  Variabel Penelitian Pendidikan Agama Kristen
Ø  Nama-nama Variabel Penelitian
(Bp.Yotam)
Ø  Konstruk/bangunan pengertian Variabel yang diteliti
Ø  Teori
Ø  Format Penulisan KI model Kate L.Turabian (Model Turabian)
Ø  Menuliskan Latar Belakang Masalah ( BAB I) sbb:
Ø  Menyusun Landasan Teori (Bab II)
Ø  Memilih Metode Penelitian (Bab III)
Ø  Memilih model Analisis (Bab IV)
Ø  Menulis Daftar Pustaka
Ø  Contoh-contoh variabel Penelitian PAK
Ø  Latihan membuat proposal penelitian
Kuliah/ceramah
Curah pendapat
Diskusi
Presentasi
Kerja Proyek (Tugas Akhir)

Yonas Muanley, Variabel-variabel Penelitian Pendidikan Agama Kristen, hlm. 1-54

Daftar Buku:
E.G. Homrighausen, Pendidikan Agama Kristen, Jakarta : BPK, 1996
Iris V. Cully, Dinamika Pendidikan Kristen, Jakarta : BPK 1995
Robert R. Boehlke, Sejarah Perkembangan Pikiran dan Praktek Pendidikan Agama
                                Kristen dari Plato sampai Iqnatius de Loyola, Jakarta : BPK, 2002
_______________, Sejarah Perkembangan Pikiran dan Praktek Pendidikan Agama
                                Kristen dari Yohanes Amos Comenius Sampai Perkembangan PAK di Indonesia, Jakarta : BPK, 1997


J. Drost, SJ. Dari KBK sampai MBS (manajemen berbasis sekolah), Jakarta : Kompas, 2006
Ronny Kountur, Metode Penelitian Ilmiah, Edisi Revisi Untuk Penulisan Skripsi dam Tesis, Jakarta : PPM, 2007
Fo’arota Telaumbanua, Pengolahan Data Penelitian Perbandingan dan Hubungan, Jakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Jakarta : Universitas Kristen Indonesa.
W. James Popham dan Eva L. Baker, Tehnik MEngajar Secara Sistematis, Jakarta : Rineka Cipta, 2005
W.Gulo, Strategi Belajar Mengajar,  Jakarta : Grasindo, 2004
Abdul Majid, Perencanaan Pembelajaran, Bandung : Rosdakarya, 2006
H. Suprijano, Pendidikan Orang Dewasa, dari teori hingga Aplikasi, 2007
Louis O. Kattsoff, Pengantar Filsafat, Yogyakarta : Tiara Wacana Yogya, 1996


Soal mata Kuliah Metodologi Pendidikan Agama Kristen
1.         Jelaskan pengertian Metodologi Pendidikan Agama Kristen secara umum dan Kuhus serta berikan pendapatmu.
2.         Jelaskan model penelitian kuantitatif dan kualitatif.
3.         Jika kamu diperhadapakan dengan kasus dan diharapkan untuk dapat menyelesaikan kasus tersebut melalui sebuah penelitian, apakah yang akan kamu pakai dalam penyelesaian kasus tersebut, menggunakan model penelitian Kuantitatif atau kualitatif dan berikan alasanmu.
4.         Tujuan pendidikan haruslah menyentuh 3 ranah yaitu, Afektif, kognitif dan Spikomotorik. Jika anda diperhadapkan dengan masalah bangasa Indonesia dengan berbagai macam persoalan, apakah yang akan anda lakukan sebagai tenaga pengajar untuk menyentuh ketiga aspek diatas.




0 komentar:

Posting Komentar

Senin, 25 April 2016

Contoh Silabus

Contoh soal dan Silabus

a.       Mata kuliah Filsafat Ilmu

SEKOLAH TINGGI TEOLOGIA IKSM SANTOSA ASIH
PROGRAM MAGISTER PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN
SILABUS
Program Studi                           : Pendidikan Agama Kristen
Kode Mata Kuliah                      : -                                                     
Mata Kuliah                               : Filsafat Ilmu
Bobot                                        : 2 SKS
Semester                                  : I
Dosen                                       : Dr. Yonas Muanley, M.Th.
Standar Kompetensi                  : Mampu menerapkan filsafat ilmu dalam kegiatan ilmiah dalam bidang Teologi dan Pendidika Agama Kristen
Mata Kuliah Prasyarat                : 1. Filsafat Umum
  2. Filsafat Pendidikan


Deskripsi MK:
Deskripsi Mata Kuliah
Filsafat ilmu bertujuan memberikan pengetahuan tentang paradigma keilmuan yang bersifat operasional dalam membentuk:
  1. Dosen/pendidik yang mampu mengajar secara efektif dalam bidang keilmuan, sebab tanpa mengetahui secara mendalam mengenai hakikat dan fungsi keilmuan, maka hal itu tak mungkin dapat dilakukan dengan benar.
  2. Dosen yang mampu memberikan bimbingan terhadap mahasiswa yang sedang menyusun skripsi (logika berpikir dalam karya ilmiah)
  3. Dosen yang mampu melakukan kegiatan penelitian dan pengabdian pada masayarakat sesuai Tri Dharma Perguruan Tinggi.
  4. Dosen yang bersikap dan berperilaku sesuai dengan etika keilmuan. Dalam konteks demikian maka focus penyajian mata kuliah ini meliputi pembahasan tentang ontology, epistemology, dan aksiologi ilmu dan perkembangan pengetahuan ilmiah.
Dengan kata lain, mata kuliah ini bertujuan memberikan pengetahuan tentang paradigma keilmuan yang bersifat operasional. Dalam rangka tujuan ini maka pembahasan mata kuliah ini mencakup ontology, epistemology, dan aksiologi ilmu serta perkembangan ilmu pengetahuan ilmiah.
Pembahasan tentang ontology ilmu difokuskan pada unsure realitas empiric, seperti data, fakta dan informasi serta kedudukannya dalam kegiatan ilmiah.
Pembahasan tentang epistemology ilmu difokuskan pada pengkajian metode ilmiah dan operasionalisasinya dalam  metode penelitian.
Pembahasan tentang aksiologi ilmu difokuskan pada nilai-nilai yang terkait dengan kegiatan keilmuan baik secara internal, eksternal, maupun sosial, termasuk di dalamnya etika dan estetika.
Pembahasan materi perkuliahan filsafat ilmu dikaitkan dengan materi yang diberikan dalam perkuliahan Metodologi Penelitian dan Tehnik Analisa Data.


Kompetensi Dasar
(KD)
Indikator
Pengalaman Belajar
Materi Pokok
Alokasi Waktu
(menit)
Sumber/Bahan/
Alat
Penilaian
KD 1:
Menjelaskan pengertian Filsafat Ilmu
1.    Merumuskan pengertian filsafat Ilmu
Mahasiswa membaca buku-buku wajib untuk dan Kompilasi Materi Kuliah atau sumber-sumber lain yang relevan dengan pengertian Filsafat Ilmu
Pengertian Filsafat Ilmu
150 menit
Kompilasi Materi Kuliah
Media: LCD

KD 2:
Menilai dan menerapkan Ontologi ilmu dalam PAK


Mahasiswa membaca buku-buku wajib untuk dan Kompilasi Materi Kuliah atau sumber-sumber lain yang relevan dengan Aksiologi Ilmu
Aksiologi Ilmu Teologi dan Pendidikan
150 menit
Kompilasi Materi Kuliah

KD 3:
Menilai dan menerapkan epistemology Ilmu dalam PAK 


Mahasiswa membaca buku-buku wajib untuk atau sumber-sumber lain yang berhubungan dengan epistemology Ilmu
Epistemology Ilmu Teologi dan Pendidikan
150 menit
Kompilasi Materi Kuliah


KD 4:
Menilai dan menerapkan Aksiologi Ilmu dalam PAK


Mahasiswa membaca buku-buku wajib untuk dan Kompilasi Materi Kuliah atau sumber-sumber lain yang berhubungan dengan ontology ilmu
Ontologi Ilmu Teologi dan Pendidikan
150 menit
Kompilasi Materi Kuliah

KD 5:
Menganalisis hubungan filsafat ilmu dengan metodologi dan analisis data

Mahasiswa membaca buku-buku wajib untuk dan Kompilasi Materi Kuliah
Hubungan Filsafat Ilmu dengan Metodologi Penelitian dan Analisis Data
150 menit
Kompilasi Materi Kuliah



A.      Penilaian

1.       Kehadiran                …………………………….           : 10%
2.       Ujian Tengah Semester                    ……….            : 20 %
3.       Ujian Akhir Semester                                               : 20 %
4.       Presentasi ……………………………………    : 20 % (Power Point)
5.       Pre dan Post Paper………………………..      : 30 %
100 %
Tgl. Presentasi: 2 dan 9 Presentasi Mahasiswa:
Batas penyerahan akan ditentukan kemudian: ………………………

Metodologi Pembelajaran:
1.       Ceramah
2.       Tanya Jawab
3.       Kolokium
4.       Presentasi

PUSTAKA:

Harry Hamersma. 1981. Pintu Masuk ke Dunia Filsafat. Yogyakarta : Kanisius.
I.R. Poedjawijatna. 2004. Tahu dan Pengetahuan Pengantar ke Ilmu dan Filsafat. Jakarta : Rineka Cipta
Andi Hakim Nasution. 1999. Filsafat Ilmu Sebuah Pengantar Populer. Jakarta : Sinar Harapan.
Redja Mudyahardjo. 2006. Filsafat Ilmu Pendidikan Suatu Pengantar. Bandung : Rosdakarya
Jasa Ungguh Muliawan. 2008. Epistemologi Pendidikan. Yogyakarta : Gadjah Mada University Press.
Jonar Situmorang. 2004. Filsafat dalam Terang Iman Kristen. Yogyakarta : Andi Offset.
A. Hanafi. 1983. Filsafat Skolastik. Jakarta : Pustaka Alhusna. (lihat bahasan ttg epistemology Philo)
Paulus Wahana. 1993. Filsafat Pancasila. Yogyakarta : Kanisius
Yonas Muanley. 2007. Filsafat Pendidikan Pada Pendidikan Agama Kristen (Filsafat Pendidikan Agama Kristen). Jakarta: Program Pascasarjan Pendidikan Agama Kristen Sekolah Tinggi Theologia Injili Arastamar.
Yonas Muanley. 2008. Teori Kebenaran, Bahan Presentasi Program D.Th. STTBI Semarang.
Yonas Muanley. 2007. Pandanganku Tentang Filsafat Pendidikan (Implementasi Berbagai Aliran Filsafat Pendidikan yang Relevan dalam Pendidikan Agama Kristen. Post Paper Program Pascasarja (D.Th.PAK) STT Baptis Indonesia, Semarang.
Yonas Muanley. 2009. Bahan Ajar Filsafat Pendidikan di Sekolah Tinggi Theologia Injili Arastamar.
Yonas Muanley. 2008. Kurikulum dalam Alkitab dan Alkitab dalam Kurikulum (lihat filosofis-teologis) hubungan Atena dan Yerusalem/hubungan logi orang non Kristen dan Kristen dalam logos yang berbuah.


Soal Filsafat Ilmu:
1.       Jelaskan pengertian filsafat Ilmu
2.       Jelaskan pemahaman saudara tentang Ontologi Pendidikan Agama Kristen
3.       Jelaskan epistemology Ilmu dalam PAK 
4.       Jelaskan aksiologi dalam Pendidikan Agama Kristen
5.       Berikan analisis anda apa hubungan filsafat ilmu dengan metodologi dan analisis data?

b.    Mata Kuliah Metodologi Pendidikan Agama Kristen

Silabus
Mata Kuliah       : Metodologi Pendidikan Agama Kristen
Bobot                : 3 sks
PT                    : Magister PAK Sekolah Tinggi Teologi  IKSM Santosa Asih
Prodi                 : Pendidikan Agama Kristen
Dosen               : Yonas Muanley, M.Th., D.Th.
Prasyarat          : Teori-teori PAK, Filsafat Ilmu, Metodologi Penelitian

Standar Kompetensi (Tujuan Mata Kuliah)

Mahasiswa mampu menerapkan metodologi pengajaran (desain pembelajaran PAK), dan metodologi penelitian ilmiah dalam pendidikan Agama Kristen, khususnya menemukan variabel-variabel penelitian ilmiah Pendidikan Agama Kristen atau mampu mendisain PAK dan meneliti variabel-variabel PAK (darma ke-2 dari tridarma PT)

Deskripsi

Melalui mata kuliah ini mahasiswa program pascasarjana STT IKSM menggumuli beberapa substansi kajian mata kuliah metodologi pendidikan Agama Kristen, yaitu pengertian metodologi pendidikan agama Kristen yang membahas tentang esensi PAK;  metodologi pengajaran yang meliputi berbagai disain pembelajaran PAK yang meliputi aspek:  model, strategi, ragam mengajar, metode-metode PAK dan pengembangan instruksional PAK. Serta metodologi penelitian ilmiah dalam pendidikan Agama Kristen yang membahas variabel-variabel penelitian dalam Pendidikan Agama Kristen


No/Tgl
Kompetensi Dasar/Pokok Bahasan
Metode
Bahan Bacaan

25/3 2011
Pukul: 17.00 – 19.00






19.00 -21.00

Penjelasan silabus
Kontrak Pembelajaran

Pengertian Metodologi PAK
Ø  Arti metodologi secara umum
Ø  Arti metodologi secara khusus (metodologi PAK)


Ø  Arti Pendidikan Agama Kristen

Ø  Arti metodologi PAK

Arti dari segi metodologi pengajaran dan metodologi penelitian
Metodologi Pengajaran PAK
Ø  Isi PAK



Kuliah/ceramah
Curah pendapat
Diskusi
Kerja Proyek



Fo’arota Telaumbanua, hlm. 3

Iris V. Cully, hlm. 87-145
E.G.Homrighausen dan I.H.Enklaar, hlm.19 – 23
Iris V. Cully, hlm. 87-105
Yonas Muanley, Kompilasi Materi Kuliah Metodologi Penelitian di STTIA, 2008. hlm. 2-3
1/4 2011
17.00 – 19.00
Metodologi Pengajaran PAK
Ø  Isi PAK
Ø  Metode PAK (ardi)
Ø  Mengajar adalah mendidik
(pak gindo)
Ø  Konsep Dasar Pengembangan Kurikulum
Ø  Perencanaan Pengajaran
(Ibu Yeti)
Ø  Disain Pembelajaran Berbasis Kompetensi (Ibu Rina)
Ø  Strategi pembelajaran
Ø  Metode-metode pengajaran (Teori Umum) : ibu Katji
Ø  Pengembangan tujuan Instruksional/disain instruksional
Ø  Sumber bagi perumusan tujuan instruksional/model pemilihan tujuan
Ø  Konstruktivisme dalam Pembelajaran
Ø  Rekonstruksi Mata Kuliah
Ø  Analisis Kompetensi
(Roni Waruwu)
Ø  Penyusunan Silabi
(Ibu Katania)
Ø  Penyusunan RPP
(Ibu Evalita)
Ø  Ragam Media dalam Pembelajaran (ibu Donna)
Ø  Manajemen Mutu Terpadu
(Bp. Batieli)
Ø  Kontrak Perkuliahan
Ø  Penulisan Bahan Ajar
(Bp. Doanto)
Ø  Etika dan Moral dalam Pembelajaran (Bp. Edi)
Kuliah/ceramah
Curah pendapat
Diskusi
Kerja Proyek

W. Gulo, Strategi Belajar Mengajar, hlm. 52-70
J. Drost, SJ. Dari KBK sampai MBS (Manajemen Berbasis Sekolah), hlm. 53-58
Yonas Muanley, Kurikulum di dalam Alkitab dan Alkitab di dalam Kurikulum

Andar Ismael, Ajarlah Mereka

Abdul Majid, Perencanaan Pembelajaran, hlm. 24 -33
Materi Suplemen Pelatihan Applied Approach, hlm. 1-170
Yonas Muanley, Laporan Hasil Pelatihan Program Applied Approach Kegiatan Tatap Muka dan Mandiri Yayasan Sarana Martani Juni 2008
Departemen Pendidikan Nasional Universitas Sebelas Maret Lembaga Pengembangan Pendidikan, 2008
Hlm. 1-85
W.James Popham dan Eva L. Baker, hlm. 43-55
H. Suprijanto, Pendidikan Orang Dewasa, hlm.72-158
W.James Popham dan Eva L. Baker, Tehnik Mengajar secara Sistematis, hlm. 17-39

Metodologi Penelitian Ilmiah dalam PAK
Ø  Penelitian Ilmiah:
Ø  Pendekatan rasional
Ø  Pendekatan Empiris
Ø  Tugas Akhir kesarjanaan dan perbedaannya
Ø  Metode Ilmiah (Bp. Frengki)
Ø  Masalah Penelitian dan penetapan variabel penelitian (Bp. Samuel)

Ø  Variabel Penelitian Pendidikan Agama Kristen
Ø  Nama-nama Variabel Penelitian
(Bp.Yotam)
Ø  Konstruk/bangunan pengertian Variabel yang diteliti
Ø  Teori
Ø  Format Penulisan KI model Kate L.Turabian (Model Turabian)
Ø  Menuliskan Latar Belakang Masalah ( BAB I) sbb:
Ø  Menyusun Landasan Teori (Bab II)
Ø  Memilih Metode Penelitian (Bab III)
Ø  Memilih model Analisis (Bab IV)
Ø  Menulis Daftar Pustaka
Ø  Contoh-contoh variabel Penelitian PAK
Ø  Latihan membuat proposal penelitian
Kuliah/ceramah
Curah pendapat
Diskusi
Presentasi
Kerja Proyek (Tugas Akhir)

Yonas Muanley, Variabel-variabel Penelitian Pendidikan Agama Kristen, hlm. 1-54

Daftar Buku:
E.G. Homrighausen, Pendidikan Agama Kristen, Jakarta : BPK, 1996
Iris V. Cully, Dinamika Pendidikan Kristen, Jakarta : BPK 1995
Robert R. Boehlke, Sejarah Perkembangan Pikiran dan Praktek Pendidikan Agama
                                Kristen dari Plato sampai Iqnatius de Loyola, Jakarta : BPK, 2002
_______________, Sejarah Perkembangan Pikiran dan Praktek Pendidikan Agama
                                Kristen dari Yohanes Amos Comenius Sampai Perkembangan PAK di Indonesia, Jakarta : BPK, 1997


J. Drost, SJ. Dari KBK sampai MBS (manajemen berbasis sekolah), Jakarta : Kompas, 2006
Ronny Kountur, Metode Penelitian Ilmiah, Edisi Revisi Untuk Penulisan Skripsi dam Tesis, Jakarta : PPM, 2007
Fo’arota Telaumbanua, Pengolahan Data Penelitian Perbandingan dan Hubungan, Jakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Jakarta : Universitas Kristen Indonesa.
W. James Popham dan Eva L. Baker, Tehnik MEngajar Secara Sistematis, Jakarta : Rineka Cipta, 2005
W.Gulo, Strategi Belajar Mengajar,  Jakarta : Grasindo, 2004
Abdul Majid, Perencanaan Pembelajaran, Bandung : Rosdakarya, 2006
H. Suprijano, Pendidikan Orang Dewasa, dari teori hingga Aplikasi, 2007
Louis O. Kattsoff, Pengantar Filsafat, Yogyakarta : Tiara Wacana Yogya, 1996


Soal mata Kuliah Metodologi Pendidikan Agama Kristen
1.         Jelaskan pengertian Metodologi Pendidikan Agama Kristen secara umum dan Kuhus serta berikan pendapatmu.
2.         Jelaskan model penelitian kuantitatif dan kualitatif.
3.         Jika kamu diperhadapakan dengan kasus dan diharapkan untuk dapat menyelesaikan kasus tersebut melalui sebuah penelitian, apakah yang akan kamu pakai dalam penyelesaian kasus tersebut, menggunakan model penelitian Kuantitatif atau kualitatif dan berikan alasanmu.
4.         Tujuan pendidikan haruslah menyentuh 3 ranah yaitu, Afektif, kognitif dan Spikomotorik. Jika anda diperhadapkan dengan masalah bangasa Indonesia dengan berbagai macam persoalan, apakah yang akan anda lakukan sebagai tenaga pengajar untuk menyentuh ketiga aspek diatas.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar