Saturday, February 9, 2019

Metodologi PAK

ad300
Advertisement
Pengertian Metodologi PAK Arti metodologi secara umum

Metodologi penelitian berasal dari kata Latin, Method yang berarti: jalan, cara yang harus ditempuh untuk mencapai tujuan dan logi/logos artinya ilmu, pengetahuan.
Metodologi adalah ilmu pengetahuan tentang jalan/cara yang ditempuh untuk memperoleh kebenaran berdasarkan tujuan yang telah ditetapkan dan dirancang secara sistematis sebelumnya (Telaumbanua, 2005:3)
Metodologi adalah pengetahuan tentang cara-cara atau totalitas cara untuk meneliti dan menemukan kebenaran.
Metodologi adalah ilmu pengetahuan tentang cara-cara penelitian ilmiah. Penelitian adalah cara ilmiah untuk memecahkan suatu masalah dan untuk menembus batas-batas ketidaktahuan manusia

Arti metodologi secara khusus (metodologi PAK)
Iris V. Cully (hal. 87-88)

Allah tidak hanya mengingini hubungan dengan ciptaan-Nya, Ia pun telah menciptakan cara-cara agar manusia dapat mengenal kehendak-Nya. Diungkapkan melalui ibadah. Ibadah terdiri dari sesuatu yang Allah lakukan dan yang dengannya manusia memberi jawab.

Metodologi PAK adalah media untuk berkomunikasi

Ibadah, nyanyian Mazmur
Nyanyian gereja adalah ungkapan musical dari pemikiran Alkitab. Nyanyian tertua adalah Mazmur. Nyanyian-nyanyian gospel di kalangan pentakosta. Pengajaran dan pemberitaan adalah bagian dari komunikasi. Disini guru atau pengkhotbah menjadi perantara (medium/medius). Melalui mereka Allah memperkenalkan diri-Nya, dan kata-kata dalam kitab suci dijadikan relevan bagi kebutuhan-kebutuhan orang Kristen di gereja dan di dunia.
Bagaimana Gereja Mengajar:
o Gereja mengajar melalui hubungan-hubungan yang ada antara orang dewasa dan anak-anak di gereja. o Gereja mengajar melalui partisipasi anak-anak dan orang dewasa dalam keseluruhan kehidupan umat Kristen. o Gereja mengajar melalui partisipasi keluarga-keluarga dalam persekutuan yang beribadah
Iris Cully, soal apa menentukan bagaimana. Metode adalah media, semata-mata merupakan sarana untuk mencapai tujuan.

Emil Bruner

Apa yang harus saya katakan kepada seseorang yang terbaring dalam menghadapi kematian adalah suatu masalah yang kudus; tetapi tak kurang kudusnya ialah masalah bagaimana saya harus mengatakannya kepadanya dalam cara begitu rupa sehingga ia dapat memahami dan menghargainya. Kata Emil Bruner, soal Apa (Isi) dikawal oleh iman, tetapi soal Bagaimana harus dilindungi oleh kasih. (Cully: 2007, 107)

E.G. Homrighausen dan Enklaar:

Kita mencapai sesuatu dengan memakai metode. Dalam PAK/Teologi metode adalah suatu pelayanan, suatu pekerjaan yang aktif, yang kita lakukan bagi Firman TUHAN. Jika tida bakat atau karunia untuk mengajar, metode yang terbaikpun akan kurang berhasil.
Ada metode otoriter, metode ini memakai kuasa (otoritas) dari atas, metode kreatif ialah metode yang hendak menciptakan sesuatu (member kebebasan untuk orang berpikir sendiri. Guru bukan seorang pemberi perintah tetapi pendorong.
Jadi metodologi PAK adalah cara (Cara mengajar/cara meneliti) yang dilindungi kasih untuk mencapai tujuan yang dikawal iman (supaya orang mengerti dan melakukan Firman TUHAN)
Share This
Previous Post
Next Post

Pellentesque vitae lectus in mauris sollicitudin ornare sit amet eget ligula. Donec pharetra, arcu eu consectetur semper, est nulla sodales risus, vel efficitur orci justo quis tellus. Phasellus sit amet est pharetra

0 comments: